Riya dan sok ber- ilmu

Riya memerkan apa aja yg lu udah lakuin atau yang lu punya , sok’ berilmu menganggap diri selalu berilmu di hadapan lawan bicara nya ..

Kedua hal ini sama sama DOSA garis besar nya , perangkap setan yang sangat halus yang bisa ngebuat seseorang keporosot lagi kejurang dosa. Tanpa sadar ..

Tapi ada hal unik lagi , ketika kita berusaha buat sharing agar ketidaktahuan seseorang jadi lebih tau atau mengingatkan seseorang malah di anggap riya .. ,semua yang bernyawa pasti bakal terus melakukan dosa tinggal gimna cara kita buat berhati hati menjaga hal itu. Al Qur’an itu lebih dari sekedar penting , dari kajian kajian ulama yang sering gue liat.

Di saat kita punya banyak ilmu ketika gandeng Al Qur’an masuk ke dalam kehidupan InsyaAllah atas izin Allah subhanawata’ala hati akan lebih banyak malu nya dalam dalam mengaku ilmu ilmu ini milik saya.., karna banyak nya perselisihan di jaman ini ngebuat kita kadang suka linglung juga kan sama jalan yang kita tempuh harusnya yang mana .semua merasa diri nya di jalan yang benar , semua merasa apa yang udah di lakuinnya selalu benar lalu menghakimi orang dengan semena mena menganggap meraka salah jalan bgt , menganggap bid’ah bgt , and anything..

Ini bagian curhat dan testimoni..

Gue pun mengalami hal ini , ketika lagi fighting dalam ke futur an ada yang buat diri makin hancur ,sampe gue berpikir.. Gue berjuang mencari Ridho Allah subhanawata’ala lalu di bilang dengan cara yang menurut gue kurang baik gue salah jalan ,dan pada saat itu gue ngerasa bodoh dan makin terjebak dalah futur. Ilmu yang benar kalau penyampaian nya salah tetap akan sulit di terima dengan pendengar nya ,penting banget ber ilmu itu harus ber adab ,sampe akhir nya gue balik ke langkah awal gue buat hijrah  yaitu dengan Al Qur’an.  Banyak pendapat pendapat tentang penting nya mentaddaburi Al Qur’an, kalau gue lebih fokus gimna cara nya supaya bisa tergantung membaca dulu .

Mungkin gue termasuk yang bebel dalam ilmu agama , susah nalar kayaknya yaa… Dan Al Qur’an ngajarin ilmu agama lebih santun. Karna Al Qur’an adalah firman Allah yang langsung di turunkan kepadan Nabi dan Rasul Nya .., buat yang sama kaya gue . coba buat gandeng Al Qur’an aja dalam kehidupan kita , biar Allah subhanawata’ala yang menuntun kita langsung di jalan Nya .jangan sedih sedih jangan galau galau  maksud mereka baik sebenernya cuman Allah subhanawata’ala juga lagi menguji mereka dengan ilmu yang mereka miliki .

Jauhi perdebatan dan pertengkaran soal ilmu agama, sejatinya ilmu agama itu suci dan mulia karna Allah adalah pemilik segala hak di muka bumi ini. Ga pentes kalau kita sudah merasa baik di hadapan manusia.

Satu hal lagi ,kalau kita masih merasa diri kita memiliki banyak ilmu akan sulit ilmu itu masuk dalam diri kita , karna kita merasa sudah lebih baik dari orang orang sekitar kita, merasa bodoh dan fakir menurut gue cara ter indah dalam menjalani ke hidup an . yang menyampaikan juga harus belajar adab biar gak salah presepsi yang ujung ujung nya di bilang riya (self reminderr).

Ramadhan ke 25.. Semoga Allah subhanawata’ala terus melimpahkan Rahmat Nya sama kita semua.. Aamiin allahumma aamiin.

Leave a comment